Jumat, 24 April 2015

contoh hasil observasi



LAPORAN KEGIATAN
OBSERVASI DAN WAWANCARA
DI SDN 6 BUKIT TUNGGAL KECAMATAN JEKAN RAYA
Dosen Pengajar : Ady Ferdian Noor, M.Pd
DI BUAT OLEH :
1.      ABDURACHMAN SIDIK
2.      ELVA JUNIARTY
3.      TALISNA LAMAINI
4.      WINURTI AYU LESTARI
5.      NOR HASANAH
6.      IPIE KARLINA


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMUPENGATAHUAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
TAHUN 2015
KATA PENGANTAR

            Asalamualaikum wr.wb. Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Marilah kita panjatkan kehadirat rahmat Allah Swt yang telah memberikan rahmat dan hidayatNya kepada kami hingga kami dapat melangkah dan menyelesaikan kegiatan observasi dan wawancara tentang manejemen di Sekolah Dasar yaitu SDN 6 Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya dengan lancar. Shalawat serta salam  tidak lupa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW hingga akhir zaman.
            Dalam laporan kegiatan ini kami selaku pelaksana kegiatan apabila ada yang tidak berkenan di hati kami memohon maaf  yang sebesar-besarnya. Oleh sebab itu, kritikan dan saran yang bisa membuat kami jadi lebih baik lagi sangat di perlukan untuk kedepannya.
            Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah ikut berpatisipasi dan berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat.


                                                                                                Palangkaraya, 9 April 2015


                                                                                                       Pelaksana Kegiatan














i
DAFTAR ISI

                                                                                                                    Halaman
SAMPUL .......................................................................................................................        
KATA PENGANTAR .................................................................................................        i
DAFTAR ISI .................................................................................................................       ii
BAB  I  PENDAHULUAN...........................................................................................       1
A  Latar Belakang.....................................................................................................       1
B  Identifikasi Masalah.............................................................................................       1
C  Rumusan Masalah................................................................................................       1
D  Tujuan..................................................................................................................       1
E  Manfaat................................................................................................................       2
BAB  II  KAJIAN TEORITIS.....................................................................................       3
A  Landasan Teori....................................................................................................       3
B  Pengertian Manejemen Pendidikan ....................................................................       4 
BAB  III  METODE PENELITIAN............................................................................       5
A  Observasi.............................................................................................................       5
B  Wawancara...........................................................................................................       5
C  Dokumentasi........................................................................................................       5
BAB  IV  HASIL DAN PEMBAHASAN....................................................................       6
A  Hasil Observasi....................................................................................................       6
B  Hasil Wawancara.................................................................................................       7
C  Hasil Dokumentasi...............................................................................................       9
D  Kelebihan, Kelemahan Dan Solusi di SDN-6 Bukit Tunggal..............................       9
BAB  V  PENUTUP......................................................................................................     12
A  Kesimpulan..........................................................................................................     12
B  Saran....................................................................................................................     12
Daftar Pustaka...............................................................................................................     13
Lampiran




ii

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
      Pendidikan ialah suatu yang sangat penting untuk membentuk suatu karakter seseorang, tidak heran kalau pendidikan itu mempunyai banyak fungsi yang berbeda-beda yang di antaranya itu membentuk karakter kearah yang lebih baik. Seiiring dengan perkembangan zaman pendidikan selalu berkembang dan dinamis maksudnya dapat berubah-ubah sesuai dengan kemajuan zaman.
      Manejemen pendidikan tidak hanya berbasis kepada arah pendidikan, namun manejemen itu harus dapat dikelola dengan baik sesuai keadaannya. Manejemen pendidikan juga bersifat dinamis (dapat berubah-ubah). Oleh karena itu, memanejemen juga harus dirumuskan dengan matang, kuat, hingga tercapainya suatu tujuan tersebut.
      Dalam hal itu kami akan membahas manejemen pendidikan di sekolah dasar tepatnya hasil observasi dan wawancara tentang manejemen pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 6 Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya untuk memenuhi tugas mata kuliah Manejemen Pendidikan Di SD.

B.     Identifikasi Masalah
Manejemen pendidikan di SD sangat diperlukan atau penting bagi sekolah, baik dari kepala sekolah maupun guru harus memperhatikan atau mengatur manejemen pendidikan. Selain itu, seorang kepala sekolah juga harus mampu memanejemen seluruh kepentingan sekolah. Sehingga dapat mencapai tujuan.

C.     Rumusan Masalah
1.      Apa kelebihan manejemen di SDN-6 BUKIT TUNGGAL?
2.      Apa kekurangan manejemen di SDN-6 BUKIT TUNGGAL?
3.      Apa solusi yang baik untuk manejemen di SDN-6 BUKIT TUNGGAL?

D.    Tujuan
Adapun tujuan kami dalam kegiatan obsevasi ini yaitu :
1.      Agar mahasiswa/i dapat merumuskan manejemen yang baik.
2.      Agar mahasiswa/i dapat memahami keadaan anak sekolah dasar saat ini.
3.      Agar mahasiswa/i dapat mengatahui solusi yang baik dalam hal pendidikan SD.
4.      Agar mahasiswa/i dapat menyiapkan mentalnya untuk mengajar kelak.
5.      Agar mahasiswa/i mempunyai pengalaman langsung bagaimana rasanya mengajar dan mengatur sekolah.

E.     Manfaat
Tentu dalam kegiatan observasi ini banyak memberikan manfaat dan hikmat bagi kami semua terutama dalam hal memanejemen sekolah maupun peserta didiknya. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih banyak dengan adanya kegiatan ini terutama pada dosen pembimbing yaitu bapak Ady Ferdian Noor, M.Pd. Kami sadar bahwa segala proses pembelajaran kuliah itu sangat penting karena sangat berpengaruh waktu terjun kelapangan langsung. Ini merupakan suatu pengalaman positif yang susah terlupakan bagi kami calon seorang guru.






















BAB II
KAJIAN TEORITIS

A.    Landasan Teori
Dasar hukum pelaksanaan MBS adalah UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 51 ayat 1, “Pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah atau madrasah”. Legalisasi pelaksanaan MBS juga termuat dalam peraturan turunan undang-undang sistem pendidikan nasional, yaitu dalam PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 49 ayat 1, “Pengelolaan satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah menerapkan manajemen berbasis sekolah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas”. Sementara itu, Kemendiknas memberikan 10 alasan dibalik pemberlakuan kebijakan MBS, sebagaimana berikut (Irawan, dkk, 2004):
1.      Bila sekolah memiliki otonomi yang lebih besar maka sekolah akan lebih leluasa dalam mengekspresikan keaktifan atau kreativitasnya dalam meningkatkan mutu sekolah;
2.      Bila sekolah memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam mengelola sumber dayanya maka sekolah akan lebih lincah dalam memanfaatkan sumber daya sekolah secara optimal untuk meningkatkan mutu sekolah;
3.      Bila sekolah lebih mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada maka sekolah dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang tersedia dalam memajukan sekolah;
4.      Bila sekolah lebih mengetahui input pendidikan lembaganya maka sekolah dapat mendayagunakannya dalam proses pendidikan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan peserta didik;
5.      Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh sekolah lebih cocok untuk memenuhi kebutuhan sekolah karena pihak sekolah yang paling tahu apa yang terbaik bagi sekolah;
6.      Bila masyarakat sekitar sekolah mengontrol penggunaan sumber daya pendidikan maka penggunaannya akan menjadi lebih efektif dan efisien;
7.      Bila seluruh warga sekolah dan masyarakat terlibat dalam pengambilan keputusan sekolah maka akan tercipta transparansi dan demokrasi yang sehat;
8.      Bila sekolah bertanggung jawab secara langsung terhadap orang tua peserta didik, masyarakat, dan pemerintah, maka sekolah akan berupaya secara optimal dalam pelaksanaan pencapaian mutu pendidikan yang telah direncanakan;
9.      Dengan dukungan orang tua peserta didik, masyarakat, dan pemerintah, maka sekolah dapat melakukan persaingan yang sehat dengan sekolah lainnya dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui upaya yang lebih inovatif;
10.  Sekolah dapat melakukan respon yang lebih cepat terhadap aspirasi masyarakat yang berubah dengan cepat.

B.     Pengertian manajemen menurut para ahli
1.      Menurut dr. Sp. Siagian dalam buku “filsafat administrasi” management dapat didefinisikan sebagai “kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain”.Dengan demikian dapat pula dikatakan bahwa management merupakan inti daripada administrasi karena memang management merupakan alat pelaksana utama daripada adminsitrasi”.
2.      Menurut prof. Dr. H. Arifin abdulrachman dalam buku “kerangka pokok-pokok management” dapat diartikan Kegiatan-kegiatan/aktivitas-aktivitas,
Proses, yakni kegiatan dalam rentetan urutan- urutan,
Insitut/ orang – orang yang melakukan kegiatan atau proses kegiatan.
3.      Menurut ordway tead yang disadur oleh drs. He. Rosyidi dalam buku “organisasi dan management“, definisi manajemen adalah “proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan “.
4.      Menurut “marry parker follet”.“manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain”.
5.      Menurut james a.f. Stonner “manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan”





BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Metode Penelitian
Metode penelitian ini kami selaku pelaksana kegiatan menggunakan metode observasi dan wawancara serta dokumentasi. Dari ketiga metode tersebut dapat di jelaskan sebagai berikut :
1.      Metode Observasi
Menurut Mulyono Seputra (1994:440) observasi merupakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan terrhadap objek penelitian.
2.      Metode Wawancara
Wawancara adalah suatu percakapan terpimpin dan tercatat atau suatu percakapan secara tatap muka dimana seseorang mendapat informasi dari orang lain.
3.      Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi yaitu semua kegiatan yang berkaitan dengan photo, dan penyimpanan photo, pengumpulan, pengolahan, dan penyimpanan informasi dalam bidang pengetahuan, kumpulan bahan atau dokumen yang dapat digunakan sebagai asas bagi sesuatu kejadian, penghasilan sesuatu terbitan, arsip kliping surat, photo-photo dan bahan rferensinya yang dapat digunakan sewaktu-waktu untuk melengkapi berita atau karangan dalam observasi.














BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    Hasil Observasi
Dalam kegiatan observasi kami mendapatkan hasil-hasil yang terbagi menjadi berbagai aspek yaitu :
1.      Profil SDN-6 Bukit Tunggal Palangka Raya (terlampir).
2.      Sarana dan prasarana
a.       Uks
b.      Perpustakaan
c.       Tempat cuci tangan ada 2 beserta sabunnya
d.      WC/toilet ada 3 yaitu guru, peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan.
e.       Tempat sampah organik dan non organik.
f.       Rak sepatu disetiap depan kelas
g.      Tiang bendera
h.      Halaman upacara, senam dan bermain seluas 30 m x 20 m
i.        Taman
j.        Papan pengumuman ada 2
k.      Papan pengumuman keterangan kepegawaian dan petugas upacara
l.        Alat musik tradisional yaitu kecapi, gong, gendang dan golintang
m.    Lonceng
n.      Speaker
o.      LCD
p.      Ruang agama
q.      Kantin ada 4
r.        Pagar sekeliling sekolah
s.       Kantor
t.        Ruang guru
u.      Mushola
v.      Ruang agama
3.      Selogan-selogan maupun stiker di luar kelas
a.       Stop Merokok, Udara Segar
b.      Kedisiplinan
c.       Tata tertib peserta didik
d.      Visi dan misi sekolah
e.       Selogan pelaksana 9 K
f.       Selogan Malu 7
g.      Tidak melayani penjualan promosi barang
h.      Selogan 4 pintar
i.        Biografi presiden-presiden RI
j.        Gambar pahlawan-pahlawan RI
k.      Ikrar hidup bersih siswa-siswi sekolah
l.        Selogan buang sampah pada tempatnya

B.     Hasil Wawancara
Dalam kegiatan wawancara kami selaku pelaksana kegiatan mewawancarai guru dan kepala sekolah.
1.      Guru
Dalam mewawancarai guru, kami mewawancarai di saat pembelajaran berlangsung, kami memilih guru kelas IV C yaitu bu Elsie Luther Akar sekaligus wali kelas kelas tersebut. Wawancara kami terdiri dari :
a.       Bagaimana cara ibu untuk memulai pelajaran !
Jawab : memberi salam, presepsi, mengingat apa yang di pelajari apabila ada yang masih belum mengerti di jelaskan lagi, dan berdoa.
b.      Berapa menit ibu saat membuka pelajaran ?
Jawab : saya membuka pelajaran selama 5-10 menit.
c.       Bagaimana cara penyampaian ibu dalam mengajar !
Jawab : dengan ceramah, Tanya jawab dan menggunakan alat peraga atau media.
d.      Siapakah yang menyiapkan  media pembelajaran ?
Jawab : media di siapkan dinas seperti globe dan lainnya, dari diri sendiri dan kadang-kadang peserta didik yang membawa
e.        Bagaimana cara ibu melakukan evaluasi !
Jawab : mengulangi lagi apa yang tidak dimengerti oleh peserta didik, melakukan remedial.
f.       Apakah selama ibu mengajar pernah menemukan anak yang bisa dikatakan ada gangguan ? apabila ada bagaimana solusinya!
Jawab : apabila ada yang tidak normal jangan di pojokan.

g.      Apakah ada kosekuensi apabila tidak mengerjakan PR?
Jawab : disuruh mengerjakan ulang tetapi di tanda tangan orang tua, apabila tidak dikerjakan orang tuanya di panggil.
h.      Dalam pengajaran ibu menggunakan kurikulum apa?
Jawab : kurikulum 2006 KTSP
i.        Bagaimana cara ibu untuk melakukan penghijauan !
Jawab : peserta didik membawa tanamannya untuk ruangannya sendiri.
j.        Apakah pembuatan RPP dilakukan per minggu atau per semester?
Jawab : pembuatan RPP dilakaukan per semester.
k.      Apakah peserta didik di perbolehkan membawa hand phone seperti android ?
Jawab : peraturan tidak boleh membawa HP tetapi apabila membawa HP tersebut dikumpulkan kemudian waktu jam pulang di kembalikan.
l.        Apakah ada dampak negatife apabila peserta didik dimarahin?
Jawab : ada, mereka merasa takut tetapi apabila dimarahi itu di arahkan kearah yang mendidik.
m.    Apakah selama ibu mengajar pernah menemukan peserta didik yang pendiam, nakal. ?
Jawab : dulu pernah ada ibu menemukan anak yang hyper aktif, tetapi anak hyper aktif ada yang pintar dan tidak. Anak hyper aktif tersebut bisa meludah temannya.
n.      Bagaimana cara mengatasi anak hyper aktif tersebut bu !
Jawab : yaitu dengan cara memindahkannya kesekolah lain.
o.      Bagaimana cara ibu menyajikan pelajaran !
Jawab : melakukan persiapan yaitu segala alat tulis dan buku itu telah siap baik guru maupun peserta didiknya, apersepsi.
p.      Apakah dalam pembelajaran peserta didik mengajukan pertanyaan dan bolehkah peserta didik yang lain berpendapat?
Jawab :  boleh, sering kali guru bertanya sebanyak 5 kali.
q.      Apakah ibu pernah menemukan anak yang mengalami kesulitan belajar? Bagaimana solusinya!
Jawab : ada, menyarankan orang tuanya untuk memberikan anak tersebut pelajaran tambahan seperti les.
r.        Bagaimana cara mengatasi peserta didik yang jahil !
Jawab : dengan cara memanggil siswa tersebut dan di beri hukuman untuk berdiri kemudian di arahkan apakah kamu ingin mengganggu teman mu lagi atau tetap berdiri disini sampai pelajaran berakhir atau meminta maaf dan tidak mengulangi lagi namun kamu bisa duduk klembali. Tentunya peserta didik memilih yang ingin duduk kembali.
s.       Bagaimana cara ibu mengakhiri pelajaran !
Jawab : dengan cara memeriksa, menilai, mengambil nilai dan memberikan tugas rumah.
2.      Kepala Sekolah
a.       Berapakah luas tanah sekolah SDN-6 Bukit Tunggal ?
Jawab : luas tanah ini 2.482 m²
b.      Berapa jumlah ruangan yang ada di sekolah ini ibu ?
Jawab : berjumlah 15 ruangan kelas
c.       Berapa ukuran ruangan diruang kelas ?
Jawab : ukurannya 6 m x 7 m
d.      Berapa jumlah peserta didik per kelas ?
Jawab : 28-32 peserta didik
e.       Bagaimana hubungan antara guru dengan guru
Jawab : baik
f.       Bagaimana hubungan antara guru dengan peserta didik
Jawab : baik
g.      Bagaiman hubungan antara peserta didik dengan peserta didik
Jawab : baik
h.      Bagaimana hubungan antara guru dengan tata usaha
Jawab : baik
i.        Bagaimana hubungan social secara keseluruhan
Jawab : baik
j.        Apakah ada tata tertib untuk peserta didik, guru dan pegawai ?
Jawab : ada

C.     Hasil Dokumentasi (terlampir)

D.    Kelebihan, Kelemahan dan Solusi di SDN-6 Bukit Tunggal
Dalam kegiatan observasi kami menemukan kelebihan dan kelemahan yang ada di SDN-6 Bukit Tunggal yaitu :

1.      Kelebihan
Kelebihan-kelebihan yang ada yaitu :
a.       Di setiap muka kelas ada rak sepatu tempat peserta didik menaruh sepatunya.
b.      Mempunyai tempat sampah yang terpisah yaitu organik dan organik.
c.       Mempunyai liel-liel yaitu tepuk 3 R dan tepuk Lestari.
d.      Banyak selogan-selogan yang mengarah pada pendidikan.
e.       Mempunyai kolam ikan selebar 1 m x 2m.  
f.       Mempunyai seni musik tradisional (peserta didiknya bisa memainkannya)
g.      Memiliki banyak tanaman.
h.      Tempat cuci tangan yang bersih ada 2.
i.        Mempunyai pagar pembatas antara sekolah dan masyarakat.
j.        Memiliki kantin yang berstandard BPOM.
k.      Ruangan guru letaknya strategis.
l.        Diruangan kelas terdapat gambar pahlawan dan karya-karya peserta didik.
m.    Perlengkapan kebersihan dikelas lengkap.
n.      Terdapat tumbuhan hidup di setiap kelas dan di depan kelas.
o.      Memiliki mushola.
p.      Terdapat tempat belajar di alam terbuka.
q.      Mempunyai ekstrakulikuler seperti, pramuka, tari daerah, dan main alat musik daerah.
2.      Kelemahan
Kelemahan-kelemahan yang kami dapat yaitu :
a.       Tempat untuk parkir masih tidak rapi belum dibenahi.
b.      Penataan masih kurang.
c.       Ruangan agama berdampingan dengan kantin.
d.      Meja dan kursi peserta didik penuh coretan.
e.       Peserta didik masih ada yang gerah di saat belajar.
f.       Di saat jam istirahat peserta didik ada yang keluar pagar untuk membeli mainan.
g.      Didalam kelas dan dalam laci masih terdapat sampah.
h.      Belum ada lemari tempat penyimpanan barang pribadi peserta didik.
i.        Terdapat coretan di dinding kelas “PUTRI”.
j.        Di UKS belum ada tersedianya obat-obatan dan alat-alat pun rusak.
k.      Ruang perpustakaan sempit hanya muat 10 peserta didik saja.

3.      Solusi
Solusi yang dapat kami berikan, dalam sekolah itu hal yang paling terpenting ialah pengelolaan sekolahnya, apabila pemimpinnya pintar dalam mengelola, mengatur, memanejemen sekolahnya otomatis apa yang direncanakan itu akan tercapai dengan mudah, karena telah terencana atau terprogram dari awal. Penataan juga harus di perhatikan karena berdampak pada keindahan lingkungan sekolah. Disetiap kantin juga harus disiapkan tempat sampah



























BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari hasil observasi yang telah dilakukan di SDN-6 Bukit Tunggal mengenai manejemen guru dan kepala sekolah dapat ditarik kesimpulan yaitu :
1.      Dari segi fisik SDN-6 Bukit Tunggal memiliki sarana yang baik seperti, perpustakaan, kantor guru, kantor TU dan Kepala sekolah, ruangan UKS, kamar mandi, tempat cuci tangan, taman, lapangan upacara/olah raga/bermain, pagar sekeliling sekolah. Sedangkan dari segi non fisik SDN-6 Bukit Tunggal, dalam bidang manejemen kurikulum sudah baik karena sekolah itu sudah memiliki kepegawaian yang memegang bidangnya masing-masing seperti bidang kurikulum, bidang hubungan masyarakat dan kesiswaan serta STAF TU.
2.      Kelemahan-kelemahan yang ada di SDN-6 Bukit  Tunggal dari segi fisiknya tidak memiliki sarana seperti, tempat parkir yang tidak di buat rapi, penataannya juga masih kurang, ruangan agamanya pun masih tidak strategis karena berdampingan dengan kantin dan tempat praktek pertanian, meja dan kursi peserta didik pun masih ada banyak coretan, disaat pembelajaran peserta didik masih ada yang gerah karena belum ada kipas angina atau pun penyejuk lainnya. Sedangkan dari segi non fisiknya mempunyai kelemahan juga seperti, masih banyak peserta didik yang melanggar peraturan sekolah contohnya, buang sampah sembarangan, disaat jam istirahat masih ada peserta didik yang keluar area sekolah,

B.     Saran
Menurut wali kelas IV C yang telah kami wawancara bahwa sarannya yaitu jangan pernah bosan memberi tugas rumah agar peserta didik tetap mengingat pelajaran yang telah dibahas. Jangan melamun.
Saran dari kami yaitu perlunya peningkatan mutu pendidikan maupun fasilitasnya serta berusaha dan berdoa.





DAFTAR PUSTAKA

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar